Senin, 07 Maret 2011

Apa Beda Multi Level Marketing dengan Money Game?

http://www.blogtopsites.com/outpost/57d623b6ca49e49997685682e7f41791

Multi Level Marketing atau MLM adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung. Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi produk multi level marketing.

Promotor (upline) mlm biasanya adalah anggota yang sudah mendapatkan hak keanggotaan terlebih dahulu, sedangkan bawahan (downline) adalah anggota multilevel marketing baru yang mendaftar atau direkrut oleh promotor. Akan tetapi, pada beberapa sistem tertentu, jenjang keanggotaan di mlm marketing ini bisa berubah-ubah sesuai dengan syarat pembayaran atau pembelian tertentu.

Komisi yang diberikan multi level marketing dalam pemasaran berjenjang dihitung berdasarkan banyaknya jasa distribusi yang otomatis terjadi jika bawahan melakukan pembelian barang. Promotor akan mendapatkan bagian komisi tertentu sebagai bentuk balas jasa atas perekrutan bawahan.

MLM atau multi level marketing biasanya membuat peserta atau anggotanya untuk mencari anggota lain dengan imbalan tertentu secara berjenjang. Orang yang mendapatkan banyak anggota yang rajin membeli barang akan mendapat keuntungan yang berlipat ganda daripada anggota / member yang hanya membeli saja tanpa mencari anggota / bawahan. Dengan mendapatkan banyak anggota yang terdaftar di multi level marketing tersebut, hasil bujukannya serta menularkan kemampuan mencari member kepada bawahannya maka dipastikan orang itu akan sukses bermain mlm marketing dan mendapatkan berbagai insentif, bonus, dsb.

Seringkali ditemukan kerancuan istilah antara multi level marketing dengan permainan uang (money game). MLM marketing pada hakikatnya adalah sebuah sistem distribusi barang. Banyaknya bonus didapat dari omzet penjualan yang didistribusikan network marketing. Sebaliknya, pada permainan uang bonus didapat dari perekrutan, bukan omzet penjualan. Kesulitan membedakan multilevel marketing dengan permainan uang terjadi karena bonus yang diterima berupa gabungan dengan komposisi tertentu antara bonus perekrutan dan komisi omzet penjualan.

Namun kini antara multi level marketing sulit dibedakan, karena mlm marketing kini ada pula yang menerapkan sistem money game. Jadi hati-hatilah anda yang ingin berkecimpung di bisnis multilevel marketing. Semoga sukses selalu.