Selasa, 01 Maret 2011

Apa itu Nama Domain

http://kangmizwar.com/blog/apa-itu-nama-domain-pengertian-domain.html

Apa itu domain? Domain merupakan kependekan dari Domain Name System (DNS). Secara kasar, domain merupakan sebuah system penamaan untuk suatu halaman web. Seringkali kita membuka suatu alamat web yang tanpa kita sadar bahwa alamat web tersebut merupakan suatu nama domain. Memang, saat ini domain lebih dikenal orang dengan sebutan alamat web atau sering juga di sebut sebagai URL (Uniform Search Locator). Sebagai contoh ketika seseorang ingin membuka / membuat facebook, yang mereka tanyakan adalah alamat facebook bukan domain facebook, padahal ujung – ujung sama saja. Hal yang mereka tanyakan yaitu facebook.com.
Kali ini, kita akan coba lebih mengenal sedikit tentang apa itu domain. Apa yang dimaksud dengan domain itu? Domain merupakan suatu nama yang digunakan oleh suatu situs sebagai alamat web nya. Sebagai contoh, kita ambil situs facebook. Jika kita membuka halaman depan facebook, di bar browser kita tertulis “http://www.facebook.com”. Dari tulisan tersebut, yang dinamakan dengan nama domain yaitu “facebook.com” tanpa http://www. Contoh lain saya ambil blog bisnis internet ini. Jika kita membuka halaman depan blog ini, di browser tertulis “http://kangmizwar.com”. Maka nama domain untuk blog ini adalah “kangmizwar.com”.

Pengertian Domain

Setelah kita tahu, apa / bagian mana yang dinamakan dengan domain, sekarang kita coba sedikit membahas pengertian dari domain itu sendiri.
Pengertian berikut merupakan pengertian domain yang diambil dari wikipedia.
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
Dari pengertian diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa pengertian domain adalah sebuah penamaan untuk suatu server (web server atau email server) atau lebih mudahnya domain adalah penamaan suatu halaman web. Nama domain ini, memiliki fungsi yang sangat penting. Karena, tanpa ada nama domain maka kita mungkin akan merasa kesulitan jika ingin mengakses suatu server atau situs yang ada di internet.
Mengapa perlu nama domain? Singkatnya, kita memerlukan nama domain untuk lebih mempermudah kita dalam mengingat alamat suatu web / server. Karena, pada dasarnya, alamat asal dari halaman web yang ada di internet ini merupakan deretan angka yang biasa dikenal dengan ip address. Sebagai contoh, kita tulis alamat ip address 69.63.189.16 di web browser kemudian tekan enter. Maka yang keluar adalah situs facebook. Nah ini menunjukan bahwa alamat server asli dari facebook adalah 69.63.189.16. Begitu juga dengan nama domain lainnya seperti google.com, yahoo.com, dll. Mereka semua itu, memiliki ip address tersendiri. Sekarang coba kita bayangkan, jika tidak ada nama domain, bagaimana kita bisa mengingat semua alamat situs web yang sering kita kunjungi?