Kamis, 10 Maret 2011

Cara Menggunakan Social Media untuk Marketing

http://ferdian.web.id/cara-menggunakan-social-media-untuk-marketing.html#more-1238
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter telah menjadi media yang ampuh bagi internet marketer untuk menjaring traffic gratis di halaman website mereka. Munculnya situs bookmark sosial seperti Digg dan Reddit juga membuka lebih banyak cara bagi webmaster untuk mempromosikan situs mereka lebih luas dan gratis.
Namun banyak internet marketer maupun webmaster yang tidak menyadari, kebiasaan menggunakan jaringan sosial untuk pemasaran bianya lebih mengarah ke spam dan melebihi porsi dari sebagaimana mestinya. Yang perlu diingat adalah, bahwa sesuai dengan namanya situs jaringan sosial tujuan utamanya adalah untuk tujuan sosial, seperti saling mengenal satu sama lain dan membangun jaringan pertemanan, bukan untuk mempromosikan atau menjual produk Anda secara terang-terangan.
Bagaimana cara yang benar menggunakan jaringan sosial untuk pemasaran?
Berikut beberapa pedoman yang bisa Anda gunakan :
  1. Gunakan foto asli Anda dalam foto profil Anda : jangan gunakan foto orang lain, foto binatang atau logo perusahaan Anda. Tampilkanlah foto profesional Anda dan orang lain pasti ingin mengetahui Anda sebagai siapa dan sebagai manusia :)
  2. Ceritakan tentang siapa diri Anda sepenuh hati di halaman info/profil : dengan memberitahu orang tentang siapa Anda, apa yang Anda lakukan, apa hobi Anda atau bahkan penyanyi favorit Anda. Orang-orang yang dengan mudah mengetahui siapa Anda akan lebih terbuka untuk memulai suatu hubungan kepada Anda dan nantinya akan lebih serius membangun suatu bisnis dengan Anda.
  3. Setelah berteman, jangan langsung berpromosi : Saya banyak mengkonfirmasi permintaan pertemanan di Facebook, setelah saya konfirmasi biasanya ada beberapa teman baru yang langsung mengundang saya di grup usahanya atau peluang-peluang lainnya. Dan beberapa orang bahkan tanpa sungkan-sungkan meski belum menyapa atau berkenalan langsung menge tag saya di salah satu produknya dimana saya belum tentu membutuhkannya. Jangan pernah melakukan hal ini, terkecuali memang teman Anda yang di tag telah membeli produk tersebut.
  4. Berbagi informasi yang bermanfaat, bukan hanya bisnis Anda : saya sering melihat beberapa teman yang sering mengupdate status mereka tentang produk yang mereka jual. Ini merupakan suatu kesalahan. Jangan biarkan orang-orang mengenal Anda hanya dengan mengupdate status tentang produk Anda. Sesekali update tentang hal-hal yang bermanfaat bagi teman Anda. Dan kemudian sesekali update status mengenai produk Anda, dimana teman-teman Anda pada saat membacanya akan senang karena sudah mengenal Anda sebagai pribadi yang menyenangkan yang suka berbagi informasi yang bermanfaat.
Sebagai kesimpulan, situs jaringan sosial gunakanlah sebagai fungsi utama untuk bersosialisasi dan berbagi, jangan gunakan sebagai alat spam terang-terangan dimana akan merusak bisnis Anda dan reputasi diri Anda.