Rabu, 23 Maret 2011

Cosa Aranda Effect : Konsep dan Mindset Bisnis Online

Indonesia boleh berbangga diri, karena ternyata bukan hanya Obama yang bisa menciptakan Obama Effect dimana wacana pemimpin muda jadi ramai dibicarakan di negara ini. Di Indonesia, kita memiliki seorang pelaku bisnis online senior Indonesia, Cosa Aranda yang melalui artikelnya dengan judul evolve or die mengusung pentingnya konsep dan mindset dalam berbisnis online, bukan hanya tips SEO atau program-program untuk mendapatkan uang dari blog atau internet.
Pemikirannya di artikel tersebut mendapat sambutan yang meriah dari para pengunjung CA.com, dan inspirasi itu mulai hidup seperti dalam sebuah artikel memulai bisnis online. Mungkin sebenarnya masih banyak lagi artikel-artikel di blog lain yang menyinggung perubahan konsep CA.com ini, namun saya mainnya hanya ke blognya Ardy Pratama dan bang Zalukhu aja, jadi hanya bisa memberi referensi ke dua artikel itu :D
Soal konsep dan mindset dalam berbisnis online, biarlah para master-master yang membahasnya, saya tidak memiliki kapasitas dalam hal itu. Yang jelas, jika prediksi saya tepat, kemunculan banyak blog-blog internet marketing, SEO dan blogging dengan prinsip sekedar berbagi artikel SEO dan bisnis online tersebut, walaupun earning bloggernya sendiri masih sedikit seperti saya, kurang lebih banyak dipengaruhi oleh kesuksesan Cosa Aranda dalam blog bertopik SEO, WordPress dan Bisnis Online-nya. Jadi, bila panutan mereka mengganti haluannya dari artikel tutorial ke artikel konsep dan mindset bisnis online, kemungkinan blog musiman tersebut akan turut serta dalam berkonsep dan bermindset ria pula :)
Hmm.. soal bener atau tidaknya prediksi saya, biarlah waktu yang menentukan. Perasaan saya ini tercetus karena belakangan ini ketika berselancar di Google Blog Search, cukup sering saya temukan sebuah blog gratisan yang berisi kumpulan tutorial dan tips-tips SEO, yang di dalamnya banyak bertebaran kata-kata “katanya”, “mungkin”, “dengar-dengar”, atau yang paling parah, hanya berisi kumpulan artikel bajakan dari blog-blog orang lain :(
Satu anekdot tua bin jadul yang ingin saya bagi di sini, tentang perbedaan mahasiswa Surabaya dan mahasiswa Jogja. Semisal seorang dosen terbang menugaskan seorang mahasiswanya untuk membeli rokok, maka ceritanya akan jadi seperti ini:
Dosen: Nak, tolong belikan saya rokok sebungkus ya.
Mahasiswa : Baik pak.
Sang mahasiswa dengan sigap segera keluar ruangan dengan semangat untuk membeli rokok.
5 menit kemudian, dengan penuh keringat dan tergopoh-gopoh mahasiswa tersebut kembali tanpa sebungkus rokok. Ia mendekati dosen tersebut dan bertanya.
Mahasiswa : Rokoknya merek apa pak? :$
Berbeda ketika sang dosen sedang mengajar di Jogjakarta dan meminta bantuan mahasiswanya untuk membeli rokok.
Dosen : Nak, tolong belikan saya rokok ya.
Mahasiswa : Waduh Pak.. Rokok itu berbahaya bagi kesehatan, bisa menyebabkan kanker. Tapi… bila bapak tetap menginginkan, maka akan saya laksanakan demi bakti saya pada pak dosen. Rokoknya merek apa Pak?
Dosen : Marlboro saja deh
Mahasiswa : waduh.. jangan Pak. Itu merek luar negeri, dengan membeli produk luar negeri negara kita jadi tertimpa krisis seperti sekarang.
Dosen : Ya sudah, Djarum aja deh.
Mahasiswa : Waduh.. Jangan Pak.. Djarum itu menusuk-nusuk! :D
Dosen : #@*#^~ !!!!
……
……
Wah.. mau beli rokok aja pembahasannya lebar banget ya.. kapan beli rokoknya? :D
Oke.. itu hanyalah sebuah anekdot, jangan terlalu dipikirkan, apalagi diperdebatkan soal lokasi perbandingannya. Saya sendiri juga berdarah Surabaya-Jember dan berkuliah di Jogja kok :)
Intinya adalah, dalam bekerja, kita harus menjaga proporsi antara pemikiran dan tindakan. Bertindak tanpa pemikiran akan membuat hasil kerja kita tidak efisien, dan berpikir tanpa bertindak tidak akan mengantar kita sampai ke tujuan. Kalo dibandingkan, mendingan bertindak tanpa berpikir ya.. walau pelan mungkin bisa nyasar dan berhenti untuk berpikir :)
Wah.. Gnupi juga kena Cosa Aranda Effect nih ;)
Hehehe.. engga juga.. pikiran saya terlalu simple dan ga bisa menggapai pemikiran para senior, maklum, masih newbie. Bagi yang pernah chating sama saya.. mungkin bisa sedikit memahami dan menilai ke-pemula-an saya. Yang penting bagi saya adalah untuk dapat terus mengembangkan motivasi saya dalam berbisnis online. Terus belajar sambil bekerja. Tapi mungkin saya lebih tepat terkena Zalukhu Effect nih, jadi melankolis belakangan ini hehehe :)

http://gnupi.com/tutorial-bisnis-online/