Minggu, 20 Maret 2011

Faktor yang menjadi pertimbangan google dalam menentukan ranking search engine artikel blog

http://www.informasibisnis.net/2011/03/faktor-yang-menjadi-pertimbangan-google.html

Dalam rangka memberikan hasil pencarian yang akurat dan berkwalitas google memperbaiki algoritma perankingan search engine situs. Dan sepertinya google fokus pada konten yang paling memberi nilai bagi pengunjung internet sebagai konten yang palng berhak berada di halaman pertama hasil pencarian.

Sebagaimana lazimnya bila orang membutuhkan informasi misalnya tentang cara bisnis online, yang dilakukan adalah mengetikkan kalimat "cara bisnis online" atau "panduan bisnis online" dll di kotak searching google. Lalu pengunjung internet pasti berharap google akan menampilkan artikel terbaik di halaman pertama, artikel yang dapat memenuhi rasa ingin tahu pengunjung tentang cara bisnis online.

Pertanyaannya bagaimana google menentukan artikel yang pantas tampil di halaman pertama dari ratusan ribu artikel yang online?.

Mari kita jawab dengan menebak cara berpikir mesin google, Kenapa menebak ?, sebab pembesar google tidak mengatakan secara jelas bagaimana google menentukan sebuah artikel layak berada di halaman awal untuk kata kunci tertentu.

Berikut ini faktor apa yang menjadi pertimbangan google untuk menentukan ranking search engine sebuah artikel :

Umur situs dan konsistensi tema artikel di sebuah situs yang sesuai dengan tema situs.

Inilah yang menentukan senioritas sebuah blog. Blog anda yang baru berumur 6 bulan akan sangat sulit menembus dominasi blog yang berumur diatas dua tahun untuk kata kunci yang sama. Tapi umur saja tidak begitu berarti tanpa konsistensi tema artikel yang sama dengan tema blog.  Itulah makanya situs yang berumur tua dan memiliki tema yang sedikit dan tidak menulis artikel yang tidak sesuai tema blog akan menduduki posisi yang bagus di google.

Anda pasti mengenal istilah spesialisasi, dalam dunia blogging sepertinya spesialisasi juga faktor yang menjadi pertimbangan google menentukan kwalitas sebuah situs.

Jadi dalam hal penentuan ranking pertama untuk kata kunci "cara bisnis online", google akan memprioritaskan situs yang paling banyak memuat tema (spesialisasi) "cara bisnis online", setelah melihat umur sebuah situs dan berapa banyak artikel yang bertema "cara bisnis online" di situs tersebut yang terindex di google.

Sangat disarankan anda tidak menulis artikel apapun di blog anda yang tidak sesuai tema blog anda.  Anda jangan menulis artikel tentang "Ulasan hasil Liga super indonesia" bila tema situs anda bukan olah raga sepakbola. Kalau pun anda tertarik menulis tentang ulasan "hasil Liga super Indonesia" maka anda tulislah dari sudut pandang yang sesuai tema blog anda.

URL situs dan judul situs

Ini saya anggap sebagai poin kedua yang dilakukan oleh mesin google. Jadi dalam hal ini URL situs carabisnisonline.com, atau carabisnisonline.net memenuhi persyaratan ini. Tidak cukup dengan hanya memilki URL seperti itu, Judul situs haruslah pula mengandung kata " cara bisnis online".

Judul artikel dan URL artikel.

Tentu saja artikel kita hendaklah berjudul "cara bisnis online" dan URL yang sama dengan judul artikel dianggap lebih bernilai dari pada URL yang berbeda dengan judul artikel.

Dalam hal ini bila kita menggunakan blogger sebagai hosting blog kita, maka sebelum menerbitkan artikel pastikan terlebih dahulu judul yang kita gunakan, karena setelah anda menerbitkannya maka URL artikel anda akan seperti judul pertama yang anda gunakan untuk artikel tersebut.

Seberapa panjang artikel yang anda tulis dan seberapa banyak kata kunci (dalam contoh ini kata kuncinya adalah "cara bisnis online") yang anda gunakan.

Jadi bila artikel yang anda tulis hanya 15 baris (anggaplah 1500 karakter) anda pasti tidak akan dapat memuat cukup banyak kata kunci. Anda mungkin berpikir untuk memuat kata "cara bisnis online" sebanyak mungkin, tapi algoritma baru google membatasi kepadatan kata kunci sampai hanya sekian persen saja dari keseluruhan kata dalam sebuah artikel. Tujuannya agar tulisan yang ada pada artikel membentuk rangkaian kalimat yang membentuk makna yang jelas. Kalau dulu masih sering kita lihat artikel yang hanya memuat kata kunci sehingga tidak membentuk rangkaian kalimat informatif apapun tampil di halaman pertama google, sepertinya sekarang saya belum menemukan artikel seperti itu.

Kesemua faktor penentu diatas mutlak ada agar situs anda mendapatkan  posisi yang bagus di google.

Perhatian : Bila blog anda masih berumur sangat muda anda tidak perlu berkecil hati dan pesimis untuk dapat memenangkan persaingan menghadapi situs terkenal sekalipun. Karena untuk memenuhi rasa keadilan yang merata algoritma baru google juga memberi nilai lebih untuk artikel original yang sesuai tema situs, dan ditulis dengan jumlah karakter yang mencukupi dengan memuat kata kunci yang memadai.

Anda tunggulah umur situs anda cukup tua misalnya 1 tahun, dan bila situs anda memenuhi beberapa kriteria diatas, maka memenangkan persaingan  menghadapi situs besar sekalipun bukan perkara yang sulit.

Situs besar sekalipun akan dapat jatuh rankingnya bila melanggar ketentuan algoritma baru penentuan ranking search engine google. Kejatuhan ranking situs besar akan mendongkrak rangking situs dibawahnya, termasuk blog baru anda.

Anda dapat membaca artikel saya yang berjudul panduan menulis artikel sebagai tambahan informasi bagaimana mempermudah menulis artikel di blog.