Selasa, 01 Maret 2011

Firefly, Ponsel Tanpa SMS untuk Balita

http://www.semuabisnis.com/articles/176659/1/Firefly-Ponsel-Tanpa-SMS-untuk-Balita--/Page1.html

Ponsel tak hanya milik orang dewasa. Anak kecil di bawah umur juga tak ingin ketinggalan untuk menikmati salah satu kemajuan teknologi ini.

Hal inilah yang mendorong sebuah perusahaan yang bermarkas di Dublin, Irlandia untuk menciptakan ponsel 'istimewa' bernama Firefly. Kenapa disebut istimewa? Sebab, ponsel ini dibuat dan didesain khusus untuk balita.

Tentunya, desain dan fitur ponsel ini juga tak seperti ponsel pada umumnya. Ponsel yang dilihat dari segi fisiknya malah mirip mainan daripada piranti telekomunikasi ini hanya punya lima tombol saja. Dua diantaranya diciptakan untuk membuat panggilan langsung pada nomor ayah dan ibu si anak. Oleh sebab itu terdapat lambang pria dan wanita di tombolnya.

Lantas
di mana letak keypadnya? Ternyata, pihak Firefly sengaja tidak membuat keypad di beberapa model, karena memang ponsel yang dibanderol dengan harga 85 poundsterling ini sebagian diantaranya diciptakan untuk menerima dan membuat panggilan saja, bukan untuk ber-SMS ria.

Selain itu, ponsel ini juga memungkinkan pihak orangtua untuk bisa memblokir nomor tidak dikenal dan mengontrol nomor-nomor mana saja yang bisa masuk.

Dilansir detikINET dari DailyMail, Rabu (24/6/2009), atas kemunculan ponsel istimewa ini, sejumlah kritik berdatangan dari berbagai pihak. Selain mengkhawatirkan kesehatan si anak karena radiasi yang dipancarkan, dicemaskan juga mengenai pengikisan masa anak-anak akibat pemakaian ponsel.

Namun bagaimana yang terjadi di lapangan? Sebanyak lebih dari 7.000 unit Firefly telah tersebar di Irlandia. Dan di akhir tahun 2009, diharapkan Firefly sudah menjamah pasar Inggris.