Selasa, 22 Maret 2011

Hari Air Sedunia, Australia Bantu Air Bersih

VIVAnews - Hari Air Sedunia yang sedianya dirayakan Selasa, 22 Maret  ternyata mendatangkan berkah bagi belasan ribu rumah di tujuh kabupaten di Jawa Tengah. Sebab saat ini, rumah mereka telah terhubung oleh saluran air dan perbaikan sanitasi.

Saluran-saluran yang baru terpasang ini adalah bagian dari bantuan pembangunan Australia untuk Indonesia dalam mencapai Tujuan Pembangunan Millenium, yang akan menyediakan akses ke air minum bersih dan sanitasi dasar kepada separuh dari penduduk Indonesia pada 2015.

Direktur bidang Infrastruktur AusAID, Ben Power, mengatakan Australia bangga dapat bekerja sama dengan Indonesia dalam meningkatkan kualitas hidup bagi ribuan penduduk. Dengan adanya saluran air dan sanitasi ini digarapkan dapat memperbaiki tingkat kesehatan dan menudahkan kehidupan sehari-hari bagi keluarga miskin di Indonesia.

"Sekitar 65 ribu warga di Jawa Tengah sekarang ini telah mendapatkan asupan air yang berkualitas dan dengan harga yang lebih murah. Empat ribu warga lainnya di Surakarta sekarang sudah terhubung ke pusat sistem pembuangan air limbah", kata Power dalam keterangannya yang diterima VIVAnews.com di Jakarta.

Dalam rangka meningkatkan akses air bersih dan sanitasi, Power menambahkan, Australia bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah di Indonesia.
Semantara itu, bantuan ini akan menjangkau sekitar 420 ribu penduduk di hampir 80 ribu rumah warga tidak mampu di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi dengan bantuan senilai A$75 juta selama dua tahun untuk perbaikan sistem air dan sanitasi di Indonesia.
• VIVAnews

http://nasional.vivanews.com/news/read/210893-hari-air-sedunia--australia-bantu-air-bersih