Kamis, 10 Maret 2011

Hindari Banget Deh 3 Karakter Ini!

http://wellymulia.com/hindari-banget-deh-3-karakter-ini/
Sebelum saya menyampaikan tips hari ini, saya mau sharing sedikit pengalaman saya menghadiri seminar Ebizmastermind yang diselenggarakan oleh Mas Cosa Aranda & Dee Ferdinand siang tadi Juni 13, 2009 di Blitz Megaplex.
Saya ketemu banyak teman dan top Internet marketer lainnya (selain Mas Cosa dan Dee), ada juga Suwandi Chow, Agung Hari Prabowo, Habibie Afsyah, Aristianto, dan Agus Brokencode.
Wahhh dalam 1 acara bisa ketemu dan berkenalan dengan berbagai pakar Internet marketer adalah sebuah kehormatan buat saya.
Selama ini saya hanya kenalan via online saja, belum pernah kopdar, akhirnya hari ini ketemu juga :mrgreen:
Satu pengumuman (atau “bocoran”) sebelum tips hari ini dimulai:
Dalam waktu yang sangat dekat (seharusnya sih dalam hitungan hari, tergantung seberapa cepat programmer saya bisa menyelesaikannya), saya akan merombak TOTAL cara saya berbisnis di Internet, terutama untuk pasar Indonesia, yaitu anda :wink:
Saya tetap akan menyediakan berbagai produk yang saat ini saya jual, hanya saja cara saya me-marketingkan produk-produk saya akan berubah total.
Mau tau akan berubah seperti apa?
Nantikan aja ya… karena dalam waktu dekat anda juga pasti akan tahu koq.
Yang saya bisa bocorkan kepada anda saat ini adalah dengan system marketing baru saya ini, saya SANGAT YAKIN omzet penjualan produk saya akan meningkat.
Anyway kembali ke laptop mengenai tips yang saya mau berikan kepada anda hari ini.
Ketika menjalankan bisnis online, anda HARUS membuang jauh-jauh ketiga karakter ini:
Karakter 1: Mau Bisnis Tetapi Mindsetnya “Gue Mau Gratis!” :roll:
Banyak orang yang bertanya kepada saya:
“Pak, apakah setelah beli produk anda X berarti saya sudah ga perlu keluarin biaya lagi sama sekali dan saya akan mendapatkan hasil yang saya inginkan”.
Lalu kepada mereka saya menjawab:
Produk X saya akan mempersingkat waktu, tenaga, dan biaya anda untuk belajar yang berhubungan dengan topic X. Untuk mendapatkan hasil (dalam hal ini income), anda tetap perlu mengeluarkan biaya-biaya lain karena di dunia ini tidak ada 1 produk yang bisa menyelesaikan semua masalah anda.
Kalau dalam bahasa Inggris, there is no “one size fits all” solution.
Dan produk X (atau produk informasi apapun) kan hanya sebatas mengajarkan “how to”. Artinya untuk mengaplikasikan metode dan cara-cara yang diajarkan, anda tetap perlu mengeluarkan biaya-biaya lainnya seperti biaya marketing, domain, hosting, autoresponder, biaya design, biaya script, biaya programmer, dll.
Memang sih di dunia Internet zaman sekarang sudah banyak hal yang serba gratis. Namun untuk benar-benar mau menjalankan bisnis Internet sampai bisa mendapatkan hasil yang NYATA , anda tetap perlu mengeluarkan biaya lainnya selain biaya yang telah anda keluarkan untuk membeli produk X.
Saya telah membahas point ini di artikel ini yang telah saya tulis beberapa waktu lalu.
Pointnya adalah kalau anda mau serius berbisnis di Internet, anda juga harus siap menginvestasikan dana anda.
Bermain aja perlu biaya, apalagi bisnis!
Karakter: 2: Orang Tidak Mau / Malas Membaca
Cukup sering juga saya mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seperti:
- “Pak saya mau beli Nge Blog Dapet Duit, bagaimana caranya?”
- “Terima pembayaran via BCA ga?”
- “Apa saja yang diajarkan di Nge Blog Dapet Duit?”
Pertanyaan-pertanyaan seperti ini menunjukkan bahwa orang yang bertanya ini tidak mau (atau malas) membaca informasi yang telah diberikan di situs Nge Blog Dapet Duit.
Padahal kalau ia baca (ga usah teliti banget deh, cukup membaca sekilas saja), jawabannya sudah ada di situsnya.
Kalau baca saja malas, bagaimana mau belajar berbisnis di Internet (yang jauh lebih susah)?
Karakter 3: Background Saya Bukan IT, Jadi Mana Mungkin Saya Bisa Bisnis Online? :evil:
Ini bisa disebut salah satu alasan yang klasik yang sering digunakan di manusia mana saja, termasuk orang-orang bule di luar situ.
Jujur saja, dulu ketika saya kuliah saya mengambil jurusan management informatika. Karena background saya ini, menjalan bisnis Internet memang lebih mudah dibanding apabila saya mengambil jurusan, misalnya, accounting atau management.
Namun bukan berarti seseorang yang tidak punya latar belakang IT tidak bisa sukes menjalankan bisnis Internet.
Malah menurut saya, background yang lebih penting untuk menjalan bisnis Internet adalah background marketing.
Karena dengan ilmu marketing, anda bisa membuat strategi pemasaran akan produk/jasa anda atau orang lain.
Saya sendiri tidak mengerti programming. Saya juga tidak mengerti graphic design. Saya hanya mengerti sedikit HTML, menggunakan FTP, beli dan setting domain dan hosting saja.
Koq saya bisa menjalankan bisnis Internet? Koq banyak Internet marketer  yang tidak memiliki latar belakang IT tetapi bisa sukses?
Kesimpulannya:
Memuali dan membangun sebuah bisnis dari NOL, apakah itu bisnis offline atau online, tidak mudah.
Kalau mau lebih spesifik lagi, menjalankan bisnis adalah hal yang SUSAH.
Itu sebabnya mengapa kebanyakan orang adalah karyawan/karyawati (employee) dan hanya sebagian kecil orang adalah pebisnis (entrepreneur).
Hal yang susah otomatis yang mau “berkorban” dan “tahan banting” jumlahnya sedikit.
Hal yang gampang otomatis juga yang mau mengerjakannya banyak.
Ini adalah hukum alam…