Jumat, 11 Maret 2011

Istana: Tsunami Indonesia Tak Lebih 1 Meter

http://nasional.vivanews.com/news/read/208995-istana--tsunami-indonesia-tak-lebih-1-meter
VIVAnews - Gempa bumi yang mengguncang Jepang memicu gelombang tsunami yang diperkirakan menjalar hingga lebih 50 kawasan di dunia, termasuk Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pun telah mengeluarkan peringatan dini ancaman tsunami.

Staf khusus Presiden bidang bencana, Andi Arief, mengatakan, kawasan yang terancam gelombang tsunami antara lain Papua, Biak, Maluku Utara, Maluku dan Sulawesi Utara. Gelombang tsunami diperkirakan sampai sekitar pukul 18.30 WIB atau 20.30 WIT.

Andi mengatakan warga di sekitar pesisir pantai kawasan itu tak perlu mengungsi ke dataran tinggi. Namun, warga perlu melakukan antisipasi dengan menjauhi bibir pantai. "Diperkirakan paling tidak 0,5 sampai 1 meter," ujarnya.

Gempa yang berpusat di 130 km sebelah timur Sendai, Honshu, atau 373 km tenggara Tokyo pada kedalaman 24 km itu menghasilkan gelombang tsunami sekitar 4-6 meter yang menyapu kawasan pesisir Timur Laut Jepang.

Tsunami itu menghanyutkan sejumlah kapal hingga ke darat. Sejumlah bangunan juga hancur terseret arus. Di beberapa kota di Jepang, gempa juga memicu runtuhnya sejumlah bangunan dan menimbun sejumlah penghuninya. Sejauh ini, jumlah korban yang terdata 19 orang dan diperkirakan terus bertambah. (adi)
• VIVAnews