Jumat, 11 Maret 2011

Isu Wikileaks Terkait Pergeseran Geopolitik

http://politik.vivanews.com/news/read/209024-isu-wikileaks-terkait-pergeseran-geopolitik
VIVAnews - Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono didera isu tak sedap dari bocoran Wikileaks. Tuduhannya serius yakni korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Menurut pengamat, isu Wikileaks ini tidak berdiri sendiri.

Group Head Lembaga Riset Uvolution Indonesia, Andi Syafrani melihat ada dua hal yang penting yang harus digarisbawahi dari masalah ini. Yakni motif dan timing.
Saat dihubungi VIVAnews.com, Andi melihat motif kemunculan bocoran Wikileaks karena adanya pergeseran geopolitik secara global. "Isu kekisruhan di Timur Tengah kini bergeser ke wilayah Asia," kata lulusan Victoria University, Melbourne, Jumat, 11 Maret 2011.

Indonesia, kata Andi, menjadi pintu masuk ke negara-negara Asia lainnya. "Gonjang-ganjing ini saling bertautan dan akan menyebar ke negara tetangga," katanya.

Aspek lainnya adalah timing domestik dan internasional. Kata dia, aspek timing domestik ini terkait isu reshuffle yang mulai reda. "Ini sahut-menyahut setelah terjadi rekonsiliasi, baru ada isu ini," kata Andi. Untuk timing internasionalnya, kata Andi, terkait dengan kunjungan Wakil Presiden Boediono ke Negeri Kanguru.

Lalu apa yang harus dilakukan SBY? Kata Andi, pemerintah harus transparan dalam memberikan tanggapan. "Indonesia harus lebih intensif menjalin hubungan ke dunia internasional," katanya.
• VIVAnews