Rabu, 16 Maret 2011

Pemerintah Dorong 2 BUMN Segera Masuk Bursa

http://bisnis.vivanews.com/news/read/209750-pemerintah-dorong-2-bumn-segera-masuk-bursa

VIVAnews - Pemerintah akan mengajukan dua perusahaan pelat merah untuk melantai (go public) di Bursa Efek Indonesia tahun ini. Dua perusahaan tersebut adalah PT Pelindo II dan PT Angkasa Pura II.
"Sayang soalnya kalau hanya Semen Baturaja yang go public, ketika pasar saham kita sedang bagus-bagusnya," tutur Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mustafa Abubakar di Jakarta, Rabu 16 Maret 2011.

Kementerian, kata dia, akan mengajukan hal itu kepada Komite Privatisasi dan Restrukturisasi BUMN. "Nanti akan kita ajukan kepada Pak Hatta sebagai ketuanya," ujar Mustafa.
Pemerintah, Musatafa melanjutkan, akan mendorong dua perseroan tersebut mendapatkan pendanaan melalui aksi korporasi go public tahun ini.
Pengajuan dua perusahaan ini, menurutnya, berdasarkan kesiapan perseroan dan proyek berskala besar yang tengah ditanganinya. "Proyek mereka secara volume besar dan layak pendanaan," kata Mustafa.

Menurut situs perseroan, Pelindo II akan membangun Terminal I, Tanjung Priok dengan dana Rp6-6,5 triliun tahun ini. Pembangunan tersebut akan memakan waktu hingga tiga tahun.

Pelabuhan Tanjung Priok sendiri menjadi prioritas, karena menangani 65 persen arus ekspor/impor melalui pelabuhan tersebut. Pelabuhan Tanjung Priok hingga tahun ini akan menambah sebanyak 47 unit peralatan bongkar muat.

Pengembangan pelabuhan ini merupakan Program Jangka Panjang yang dicanangkan Pelindo II, di antaranya mengembangkan pelabuhan eksisting dan membangun pelabuhan atau terminal baru.

Program tersebut antara lain pembangunan Container Terminal Kalibaru Utara (CTK) yang merupakan pengembangan dari Pelabuhan Tanjung Priok. Masih dari situs, perseroan membutuhkan dana sebesar Rp22 trilun.

Sementara itu, Angkasa Pura II tahun ini memiliki proyek berupa pembangunan jalur kereta api Manggarai-Soekarno Hatta.
• VIVAnews