Jumat, 11 Maret 2011

Tsunami Jepang Trending Topic Twitter

http://teknologi.vivanews.com/news/read/208946-tsunami-jepang-serbu-twitter
VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 8,8 pada Skala Richter mengguncang Jepang, Jumat siang ini. Akibatnya, muncul tsunami yang menghantam kendaraan dan bangunan di pesisir timur laut Jepang, yang dekat dengan episentrum.

Menurut kantor berita Associated Press, gempa mulai terasa pada pukul 14.46 waktu setempat. Sekitar 30 menit kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR. Badan Survei Geologi AS menilai bahwa gempa pertama berkekuatan 8,8 SR.

Sontak kabar seputar gempa dan tsunami itu menjadi topik utama pembicaraan di situs mikro blogging populer, Twitter. Tidak hanya satu, akan tetapi sejumlah hashtag dan topic langsung masuk ke daftar 10 besar Trending Topic di sana.

Hingga pukul 15.30, hashtag #prayforjapan di peringkat kedua, #tsunami (peringkat ketiga), #japan (peringkat keempat), NHK (peringkat kelima), Tokyo Disneyland (peringkat delapan), dan Sendai, kawasan pesisir yang terguyur air bah, berada di peringkat sembilan sebagai Trending Topic di Indonesia.

Secara worldwide, #prayforjapan, #tsunami, #japan, NHK, Tokyo Disneyland yang terkena imbas bencana alam tersebut, serta Sendai juga masuk menjadi Trending Topic.

Gelombang tsunami akibat gempa bumi di Jepang itu diperkirakan akan tiba di Indonesia, khususnya Papua pada pukul 18.35 Waktu Indonesia Barat atau pukul 20.35 Waktu Indonesia Timur, malam ini.
• VIVAnews