Senin, 28 Februari 2011

Penyebaran Virus Melalui YM

http://www.aliyusrie.com/penyebaran-virus-melalui-ym.html
Pengalaman kurang menyenangkan hari ini terjadi kepada saya, semua pasti sudah mengenal yang namanya Yahoo Messenger atau yang biasa dikenal dengan YM, sebuah alat komunikasi yang disediakan oleh Yahoo. Hari ini seorang teman, entah disengaja atau tidak mengirim pesan di akun YM saya ali_yusrie yang berisi file “imagesnew.jpg.exe” tanpa terlalu banyak berpikir sayapun langsung mengklik dan ternyata di dalamnya berisi file entah virus atau apapun namanya, tapi yang pasti pesan tersebut langsung terforward ke seluruh alamat YM yang ada di daftar kontak saya.

Saya tidak bisa berbuat banyak hanya bisa melihat pesan tersebut terkirim secara otomatis keseluruh daftar kontak teman di YM, proses penyebaran virus melalui Yahoo Messenger ini berlangsung sangat cepat, tak berapa lama kemudian saya melihat banyak teman-teman yang komplain dan menanyakan file apa yang sudah saya kirim tadi.

Belum sempat saya balas satu persatu pesan yang sama terkirim kembali, saya bertambah bingung dan panik, bisa-bisa saya dianggap penyebar virus sama teman-teman, pesan tersebut pun terkirim berulangkali, karena tidak tahu harus berbuat apa saya langsung matikan saja software YM saya.

Melalui postingan ini saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, karena sayapun tidak tahu menahu dengan virus yang tersimpan didalam pesan tersebut.

Selanjutnya saya mencoba untuk mencari informasi tentang bagaimana cara mengatasi virus yang tersebar melalui YM di google, ternyata ada juga beberapa blogger lain yang mengalami hal yang sama dengan saya, akan tetapi cara yang mereka sampaikan membuat saya bingung dan tidak berani untuk mengikutinya karena saya lihat harus merubah beberapa file didalam komputer, mungkin merasa trauma jadi saya tidak berani untuk mengikuti cara-cara tersebut.

Langkah yang coba saya lakukan adalah dengan menscan semua file yang ada dikomputer dengan menggunakan Avira dan Smadav versi terbaru, kemudian ada juga teman yang menyarankan untuk merubah password dari akun YM saya.

Dari hasil scanning menggunakan anti virus ada beberapa file virus yang terdeteksi kemudian ada beberapa file registry dan file hidden yang harus di fix kan kembali. Karena merasa kurang yakin saya juga merubah password dan menginstal ulang Yahoo Messenger di komputer saya. Alhamdulillah sepertinya akun YM saya sudah bisa normal kembali dan mudah-mudahan virus yang ada sudah benar-benar hilang.

Buat teman-teman semua yang kebetulan membaca postingan ini, pengalaman saya diatas mudah-mudahan bisa jadi pelajaran untuk lebih berhati-hati dalam menerima file yang dikirimkan melalui YM, alangkah baiknya kalau kita menanyakan terlebih dahulu kepada si pengirim file tersebut jangan langsung main klik seperti yang saya lakukan diatas. Ini benar-benar pengalaman yang berharga bagi saya, sampai sekarang pun masih terasa takut untuk membuka YM.

Sekali lagi saya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-sebesarnya khususnya untuk teman-teman yang ada di daftar kontak YM saya atas ketidak nyamanan yang terjadi. Sebenarnya saya masih kurang yakin apakah virus tersebut sudah benar-benar hilang dan tidak otomatis mengirimkan pesan kembali, untuk itu saya mohon kepada anda yang membaca postingan ini dan tahu bagaimana cara mengatasinya agar bisa berbagi melalui form komentar yang tersedia, semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua.
http://www.aliyusrie.com/penyebaran-virus-melalui-ym.html