Minggu, 20 Maret 2011

Cara Membangun Bisnis Internet Yang Kuat Bahkan Dengan Modal Dengkul Sekalipun


Anda tidak salah, memang bisnis pada dasarnya butuh modal tidak terkecuali bisnis internet. Apa yang saya maksud dengan tanpa modal di sini tentu saja tidak menyertakan biaya untuk koneksi internet. Hal itu sepertinya merupakan hal yang pasti dalam bisnis internet. Namanya juga bisnis internet, masak tidak pake koneksi internet.
Mungkin mata anda terbelalak takjub dan seakan tidak percaya jika anda melihat iklan-iklan yang anda di internet bahkan banyak juga artikel bisnis di internet yang mengatakan bahwa kita bisa Bisnis Internet Tanpa Modal bahkan hasil luar biasa. Mudah dan Cepat. Tetapi kemudian anda menjadi bingung karena ada juga yang mengatakan bahwa Tidak ada bisnis internet tanpa modal. Semua butuh modal.
Yang benar yang mana? Pasti begitu tanya anda. Kalau anda bertanya kepada saya, maka saya akan katakan bahwa kedua hal tersebut benar. Semua tergantung dari sudut pandang kita melihatnya. Begini, setiap bisnis termasuk bisnis internet membutuhkan modal. Modal untuk berbisnis saya bagi menjadi 2 yaitu modal materi dan modal non materi. Saya akan coba jelaskan untuk masing-masing dan bagaimana cara anda membangun dengan tanpa modal sekalipun.
Bisnis Dengan Modal Materi
Hal ini sangat umum dalam berbisnis dan sebenarnya tidak terlalu memerlukan penjelasn. Modal materi paling umum dalam berbisnis adalah uang. Dengan uang anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Semua menjadi lebih cepat dan mudah dengan modal uang.
Sebagai contoh, jika anda mempromosikan suatu bisnis. Anda lakukan dengan cara pasang iklan ke berbagai situs iklan baris gratis. Anda akan menghabiskan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk hal ini. Namun jika anda memiliki uang, anda bisa menggunakan promosi berbayar.
Kalau kata orang bule, it takes money to make money. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, menggunakan iklan berbayar lebih efektif dan lebih cepat dibanding dengan iklan gratis atau manual.
Ya, daya ungkit uang untuk mendapatkan uang masih sangat luar biasa. Hal ini tidak bisa kita pungkiri. Tapi perlu anda ingat bahwa segala sesuatu yang mengeluarkan uang pasti mengandung resiko untuk kehilangan uang. Setiap bisnis pasti ada resiko, oleh sebab itu diperlukan juga perencaan dalam mengeluarkan modal atau anggaran. Kalau sudah diperhitungan, tidak perlu lagi ragu atau takut dengan resiko kan? Resiko bukan untuk ditakuti tetapi untuk dikelola sehingga peluang anda untuk rugi minimal.
Modal Bisnis Non Materi
Nah ini yang mungkin menarik bagi anda yang dana atau keuangannya terbatas. Modal atau investasi semacam apa yang bisa anda gunakan? Tentu saja anda perlu bekerja lebih keras dibanding dengan mereka yang memiliki modal uang.
Anda bisa menginvestasikan waktu, tenaga, pikiran anda. Ini jawaban untuk anda yang bertanya apakah mungkin membangun bisnis modal dengkul.
Misalkan saja jika Anda tidak ada modal uang sama sekali tapi ingin membangun bisnis internet. Anda sama sekali tidak memiliki koneksi internet maka hal paling masuk akal untuk anda kerjakan adalah dengan mencari pekerjaan offline terlebih dahulu. Pastinya pekerjaan yang memiliki koneksi internet. Hal ini untuk sementara saja. Operator warnet bisa jadi salah satu dari pekerjaan yang memberikan akses internet kepada anda. Intinya adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan akses internet gratis.
Setelah diterima, mulailah anda manfaatkan sumber daya ini sebaik mungkin. Gunakan waktu dan tenaga serta pikiran anda untuk mulai membangun bisnis internet anda sendiri. Banyak sekali pebisnis internet Indonesia yang karirnya dimulai dari nol. Tidak ada yang mustahil di dunia ini jika anda memiliki keyakinan.
Jadi dengan atau tanpa modal (with or without), anda bisa mulai bisnis internet. Pilihan di tangan anda, mana yang anda pilih? Saya yakin anda tidak ingin sepuluh tahun dari sekarang anda masih dalam kondisi yang sama seperti sekarang.