Kamis, 03 Maret 2011

Cara Berpromosi yang Efektif di Internet

Disnuting Seperlunya dari http://ilmubisnisonline.com/cara-berpromosi-efektif-internet-2.html

Pada artikel ini kita akan membahas 4 cara lainnya, yakni :
  1. Promosi Melalui Forum dan BlogwalkingForum di internet, atau biasa juga disebut forum online adalah sebuah tempat diskusi secara online. Forum online ini hampir sama dengan milis group yang sudah kita bahas sebelumnya. Bedanya, diskusi pada milis group menggunakan email, sedangkan diskusi pada forum online menggunakan website yang terhubung ke internet. Beberapa Forum Online memiliki topik diskusi yang spesifik, namun ada beberapa juga yang memiliki berbagai macam topik yang bisa didiskusikan. Contoh Forum Online yang memiliki topik khusus adalah Chip Online yang mengkhususkan pada tema IT (Informasi & Teknologi), dan forum yang memiliki banyak topik adalah KasKus. Sedangkan blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain dan meninggalkan komentar pada blog tersebut. Bagaimana kedua hal tersebut dapat menjadi cara berpromosi yang efektif di internet?
    • Forum dan blogwalking memungkinkan kita untuk meninggalkan alamat website kita
    • Dengan meninggalkan alamat website kita, kemungkinan kita mendapat kunjungan dari pengunjung lainnya di forum/blog tersebut
    • Dengan memberikan komentar di forum dan blog lain kita bisa menunjukkan kompetensi kita
    • Kita juga bisa dikenal banyak orang bila sering memberikan komentar
    • Bila sudah dikenal banyak orang, termasuk mengenal kompetensi kita, maka mudah bagi kita untuk menawarkan produk/jasa kita
    Bila Anda ingin berhasil dalam berpromosi dengan menggunakan cara ini, hal-hal di bawah ini kudu diperhatikan :
    • Berikan komentar yang bermutuBermutu berarti komentar Anda berkesinambung dengan isi thread forum atau artikel blog. Lebih baik lagi bila bisa memberikan tambahan pendapat bagi penulis ataupun pembaca lainnya.
    • Isi komentar bukanlah iklanHendaknya komentar tidak berisikan kata-kata berupa iklan. Bukannya menanggapi thread forum atau artikel blog, malah menulis bujukan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Syukur-syukur komentar Anda ditampilkan oleh pemilik blog. Cilakanya kalau pemilik blog malas untuk menampilkannya atau dianggap sebagai spam, kan percuma.
    • Selipkan dalam komentar kata-kata yang bisa membuat orang lain mengunjungi website AndaAlih-alih secara terang-terangan menyuruh orang mengunjungi website Anda, Anda dapat menggunakan kata-kata yang secara halus membuat orang dengan kemauannya sendiri mengunjungi blog Anda. Misalnya kita tulis : Sebetulnya sih saya setuju dengan pandangannya Bos mengenai blablabla. Tapi menurut saya akan lebih mantap lagi kalau ditambahin blablablabla, seperti yang saya tulis di blog saya beberapa hari lalu. Coba deh dibandingin, pasti efeknya lebih dahsyat.
    • Berikan komentar pada forum dan blog yang berhubungan dengan produk yang kita tawarkanYang ini tentunya jelas. Akan semakin efektif apabila kita bergabung dengan orang-orang yang memiliki minat pada produk yang kita jual. Untuk itu usahakan bergabung di forum yang memiliki topik yang berhubungan dengan produk kita, dan memberikan komentar pada blog yang juga ada hubungannya dengan jualan kita. Dalam hal ini kita bisa menggunakan jasa mesin pencari Google. Untuk forum, masukkan kata kunci “topik forum+forum” (tanpa tanda kutip, dan topik forum adalah jenis topik yang sesuai dengan produk Anda). Sedangkan untuk blog, masukkan kata kunci : inurl:blog “post a comment” -”comment closed” -”you must be loged in” “nama topik
    Demikian berpromosi melalui forum dan blogwalking. Intinya di sini adalah Anda memberikan komentar yang bermutu dan menarik melalui forum dan blog. Tanpa Anda menulis kata-kata penjualan pun, orang akan meng-klik website Anda apabila komentar Anda menarik dan bermanfaat.
  2. Viral MarketingViral marketing adalah konsep marketing yang meniru kerja virus komputer yang bisa bekerja sendiri, menyebar dengan cepat dan secara otomatis menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Itulah sebabnya viral marketing disebut juga “traffic virus”. Bedanya jika virus komputer ada pihak yang dirugikan, maka viral marketing dapat memberikan keuntungan, baik bagi pihak yang menyebarkannya maupun pihak yang terkena traffic virus. Viral marketing atau traffic virus merupakan konsep “win win solution”. Konsep dasar Viral Marketing adalah mengijinkan orang lain untuk mengunakan produk Anda secara gratis. Produk ini bisa berupa ebook, artikel, sofware komputer, software game, ecard, dan lain sebagainya. Selanjutnya pengguna produk Anda tersebut Anda perbolehkan (bahkan menyarankan) untuk juga menyebarkannya dan memberikannya kepada orang lain secara cuma-cuma. Demikian seterusnya hingga produk yang Anda gratiskan tersebut menyebar luas ke jutaan pengguna internet bahkan tanpa Anda sadari. Ide di balik viral marketing ini adalah dengan mengikutsertakan iklan Anda pada produk gratisan Anda yang bisa dimiliki atau dipakai orang lain yang juga akan dengan senang hati mau menyebarluaskannya ke orang lain.
    Bila Anda ingin melakukan promosi dengan cara ini, maka terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan produk yang bisa diberikan secara cuma-cuma di internet. Produk yang ingin Anda sebarkan tersebut haruslah betul-betul produk yang berguna bagi banyak orang dan bisa membantu orang lain memecahkan permasalahannya. Memang tidak mudah, tetapi apabila Anda bisa melakukannya, maka dampak dari promosi secara viral ini sangatlah luar biasa. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat ebook karena ebook gampang didownload (ukuran file-nya relatif kecil), Anda mudah menyelipkan promosi produk Anda, dan para pengunjung internet rata-rata senang mendownload ebook gratis. Namun bila Anda memiliki kesulitan dalam membuat ebook ini, Anda bisa mendownload Panduan Membuat Ebook secara gratis. Dijamin, panduan tersebut akan dapat membantu Anda membuat ebook, mulai dari pencarian ide sampai pada tahap pembuatan cover yang menarik. Bila Anda telah berhasil membuat sebuah ebook untuk dibagi-bagikan, jangan lupa untuk memberitahukan saya di sini, ya. Saya akan dengan senang hati mendownload-nya dan membagi-bagikannya.
  3. Berpromosi Melalui FacebookHari gini belum punya akun Facebook? Ah, yang bener aja. Ke mana aja selama ini. Anak SD saja banyak yang punya akun Facebook, padahal sebetulnya sih belum boleh. Tapi itulah saking demennya orang pada media sosial online yang satu ini, semua pada berlomba-lomba kudu memiliki akun Facebook. Pada ulang tahunnya yang ke-6 pada tanggal 5 Februari lalu, CEO sekaligus pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan pengguna Facebook di seluruh dunia telah mencapai 400 juta orang. Sebuah jumlah yang tidak main-main banyaknya. Bila Anda jeli sebagai seorang internet marketer, tentunya Anda dapat membaca bahwa ini merupakan tempat promosi yang paling potensial. Tidak salah bila dikatakan bahwa berpromosi melalui Facebook merupakan salah satu cara berpromosi yang efektif di internet. Namun bagaimana cara yang betul-betul efektif tersebut? Memang kita bisa saja berpromosi dengan cara membayar biaya penayangan iklan kita di Facebook yang cukup efektif karena jenis iklan kita akan tampil sesuai dengan minat dan data pengakses Facebook. Namun ada cara berpromosi yang gratis namun efektif. Untuk itu kita menggunakan aplikasi Marketplace. Pastikan aplikasi ini sudah terinstal di akun Facebook Anda. Bila Anda tertarik, Anda dapat mendownload video tutorial tentang cara menginstal dan menggunakan aplikasi Marketplace ini. Video tutorial ini seharga Rp 99.000, namun Anda dapat memperolehnya secara gratis dan legal di sini. Dengan mendownload video ini, Anda pun bisa memperoleh beberapa video lainnya yang akan menunjukkan kepada Anda cara berpromosi yang betul-betul efektif di Facebook.
  4. Memasang Iklan Pay Per Click (PPC)Cara keenam berpromosi yang efektif di internet adalah dengan memasang Iklan Pay Per Click (PPC). Iklan PPC adalah jenis iklan yang Anda bayarkan apabila ada orang yang mengklik iklan Anda. Biaya untuk tiap klik tergantung pada penawaran Anda, atau ada juga penyedia layanan iklan PPC yang sudah menentukan besarnya biaya untuk tiap klik-nya. Untuk iklan PPC di Indonesia rata-rata biaya per klik-nya adalah Rp 500. Di mana efektifitasnya berpromosi di internet dengan cara ini? Begini. Bila Anda memutuskan untuk memasang iklan PPC, maka setelah Anda membayar sejumlah uang sebagai deposit kepada penyedia layanan iklan PPC, iklan Anda akan ditampilkan ke ratusan bahkan ribuan situs yang sudah terdaftar sebagai publisher pada jaringan layanan iklan tersebut. Tentu saja peluang iklan Anda untuk dilihat oleh pengunjung internet sangat besar. Selanjutnya tinggal bagaimana Anda menyusun bahasa marketing pada iklan Anda. Apabila bahasa Anda menarik, maka akan ada banyak orang yang meng-kliknya. Tiap kali klik berarti adalah kunjungan ke website Anda. Jadi Anda hanya membayar untuk tiap kali kunjungan yang terjadi pada website Anda.
    Anda pun dapat mengedit isi iklan Anda apabila Anda merasa kurang menarik. Sungguh sangat fleksibel. Namun dalam penulisan iklan ini, usahakan untuk tidak membuat kata-kata yang terlalu bombastis atau isi iklan yang tidak sesuai dengan isi website Anda. Para pengunjung yang datang dari klik iklan itu memiliki harapan sesuai dengan isi iklan tersebut. Apabila ternyata isi website-nya tidak sesuai dengan iklannya, maka ia tidak akan berlama-lama di website Anda.
    Berpromosi di internet dengan cara ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil instan atau bagi pedagang/pebisnis pemula di intenet yang belum banyak menguasai cara-cara berpromosi yang efektif di internet. Biayanya memang tidak sedikit. Biasanya penyedia layanan iklan PPC mengharuskan Anda membayar deposit sejumlah minimal Rp 50.000 agar iklan Anda bisa ditampilkan. Namun apabila Anda melakukannya dengan benar, maka hasil yang diperoleh sangatlah sebanding.